Friday, February 1, 2013

Cara Menampilkan File Hidden


Kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang cara menampilkan file hidden pada komputer yang selalu kita gunakan untuk mengerjakan segala aktivitas dan rutinitas kita baik itu dikantor maupun dirumah. 
Mungkin kita  pernah mengalami kejadian yang begitu mengejutkan yang mungkin membuat kita resah dan bingung  ketika kita mencari file pekerjaan kita yang awalnya telah kita simpan  pada flashdisk ataupun hardisk komputer  , ternyata file tersebut tiba – tiba menghilang entah kemana padahal kita tidak pernah merasa menghapus apalagi memindahkan file  secara permanen dari disk tersebut,…
Sesuai judul postingan diatas saya ingin berbagi  pengalaman kepada sahabat nepzter semua tentang cara menampilkan file hidden  dan analisa semua penyebab dari masalah diatas.
Berikut ini beberapa faktor penyebab  file atau folder pada komputer kita terhidden

  1. Kurangnya Proteksi keamanan yang tidak cukup memadai dengan tidak memasangnya antivirus pada komputer yang berdampak dengan mudahnya virus atau malware masuk ke sistem komputer .
  2. Seringnya mematikan Komputer secara paksa tanpa melakukan proses shutdown terlebih dahulu sehingga dapat menyebabkan sistem korup dan menjadi salah satu indikasi file / folder tersebut terhidden.
  3. Terlalu sering mengabaikan menu Save to remove hardware pada menu dibagian bawah kanan desktop ketika akan mencabut flashdrive dari port usb untuk tipsnya dapat anda baca pada artikel berikut ini Fungsi Save Remove Hardware and Eject Media
Berikut ini penjelasan dan gambar screenshot cara menampilkan file hidden pada komputer  

  • Bisa kita lihat bahwa pada gambar screenshot dibawah ini hanya menampilkan tiga folder dengan nama tips,seputar,dan komputer

  • Kemudian kita pilih menu navigasi organize yang terletak pada menu disebelah kiri atas, lalu kita pilih submenu folder and search option

  • Untuk langkah selanjutnya kik menu view dan pilih submenu show hidden files,folder,or drive dan kemudian klik tombol apply sesuai gambar dibawah ini.

  • Setelah mengikuti ketiga langkah diatas bisa anda lihat gambar dibawah ini bahwa ternyata ada satu folder yang hidden dan kita pun dapat melihatnya kembali dengan nama folder internet

Apabila cara diatas sudah dilakukan secara benar dan file yang hidden balum dapat tampil pada drive komputer, anda dapat menggunakan cara alternatif bisa anda simak pada artikel berikut ini Cara Menampilkan File Hidden dengan Antivirus Smadav.

Oke sekian dulu artikel Cara Menampilkan File Hidden yang saya tulis ini semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Apabila ada saran dan masukan seputar blog ini anda dapat langsung menuliskan pesan pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

Salam hangat Nepzter.










0 comments:

Post a Comment